Selasa, 30 Oktober 2012

Mata

Bagian-bagian mata



Kamera merupakan alat optik yang sering kita gunakan untuk mengabadikan momen-momen penting dalam kehidupan kita. Bahkan keberadaan kamera sekarang mudah ditemukan dan tak lagi menjadi barang langka. Bahkan hampir semua jenis handphone sudah menyediakan fitur kamera sehingga selain memudahkan komunikasi juga mempermudah kita mendokumentasikan momen penting yang kita temui.
Tahukah kamu bahwa sebenarnya tubuh kita juga dilengkapi dengan kamera, bahkan lebih sempurna dari kamera digital model paling mutakhir sekalipun. Benarkah?? Ya.. tubuh kita dilengkapi oleh alat indera berupa indera penglihatan yang disebut dengan mata.  Mata kita mempunyai struktur yang luar biasa sehingga kita dapat melihat indahnya alam dan bumi kita.  Semua serba otomatis, tanpa harus kita atur, lebih canggih dari kamera digital modern.  Bahkah, kamera yang diciptakan oleh manusia merupakan alat yang prinsip kerjanya “menjiplak”  cara kerja  sebuah mata.
Lalu bagaimana cara kerja mata sehingga kita bisa melihat? Kenapa ada orang yang tidak bisa melihat dengan jelas sehingga perlu bantuan kacamata? Nah, pertanyaan itu akan terjawab setelah membaca materi berikut.
Bagian-bagian mata
1.  Kornea
Fungsi utama selaput bening (kornea) adalah meneruskan cahaya yang masuk kemata. Cahaya tesebut diteruskan kebagian mata yang lebih dalam dan berakhir pada selaput jala atau retina. Karena fungsinya itu, maka selaput bening (kornea) mempunyai beberapa sifat, yaitu tidak berwarna(bening) dan tidak mempunyai pembuluh darah. Kornea merupakan bagian mata yang dapat disumbangkan untuk penyembuhan orang dari kebutaan. Selaput bening(kornea) berupa piringan transparan di depan bola mata dan tidak berpembuluh darah. Selaput Bening(kornea) juga berfungsi sebagai pelindung mata bagian dalam. Agar tetap bening dan bersih,  kornea ini dibasahi oleh air mata yang berasal dari kelenjar air mata.
2. Cairan Aquoeus
Cairan Aquoeus ini terletak dibelakang kornea yang berfungsi untuk membiaskan cahaya yang masuk sehingga terfokus  ke lensa mata.
3. Iris atau Selaput Pelangi
Pernah melihat orang memiliki mata berwarna biru, coklat atau hitam? Nah, bagian mata bernama iris ini lah yang membuat mata kita berwarna. Iris terdapat di belakang kornea dan berpigmen. Pigmen pada irislah yang menentukan warna mata kita.
4.  Pupil (Anak Mata)
Pupil berupa celah yang berbentuk lingkaran terdapat ditengah-tengah iris . Pupil berfungsi sebagai tempat untuk mengatur banyak sedikitnya cahaya yangmasuk kedalam mata.  Pupil merupakan tempat lewatnya cahaya menuju retina. Pupil dapat mengecil dan membesar seperti fungsi diafragma pada kamera. Pupil akan membuka dan menutup secara otomatis bergantung pada cahaya yang masuk. Jika cahaya terang, pupil akan mengecil, sedangkan ketika gelap, pupil akan membesar.
5.  Retina
Retina merupakan selaput yang mengandung sel-sel indera. Retina berfungsi sebagai layar, tempat terbentuknya bayangan, seperti halnya plat film pada kamera.
6. Lensa Kristalin
Lensa kristalin merupakan lensa mata yang terbuat dari bahan bening, berserat dan kenyal. Lensa mata berbeda dengan lensa kamera, tetapi mempunyai fungsi yang sama. Pada kamera, lensa berfungsi untuk memfokuskan bayangan pada pelat film, lensa harus dapat dimajukan atau dimundurkan untuk memperoleh bayangan yang jelas. Pada mata, untuk memfokuskan bayangan pada retina, yaitu dengan mencembungkan atau memipihkan lensa. Lensa mencembung atau memipih sesuai dengan jarak benda yang dilihat. Hal ini disebut dengan daya akomodasi mata.

0 komentar:

Posting Komentar